Batik Warna Alam, Aman Di Tangan, Aman untuk Lingkungan

Saturday, June 15, 20131comments

Oleh Dedi H Purwadi (batikjolaweyogya)

Proses pencelupan dengan warna ekstraksi kulit kayu mahoni, tanpa sarung tangan

Membuat batik dengan pewarna alam, seperti batik tulis warna alam batikjolaweyogya, bukan saja ramah lingkungan (eco friendly). Penggunaan pewarna alam juga aman di tangan selama proses pewarnaan. Bahkan, dari pengalaman memproduksi batik tulis warna alam batikjolaweyogya hampir tidak pernah menggunakan sarung tangan. Ini berbeda dengan ketika memproduksi batik tulis yang menggunakan pewarna sintetis (napthol, indigosol), yang hampir selalu menggunakan sarung tangan.

Penggunaan pewarna alam untuk pewarna batik atau tekstil dikatakan ramah lingkungan karena limbah proses pewarnaan alam tidak mencemari lingkungan. Mengapa tidak mencemari lingkungan? Atau kalaupun mencemari sangat minimal.

Pewarnaan alam tidak mencemari lingkungan karena limbahnya baik cair maupun padat bisa diurai tanah dengan baik. Limbah padat berupa ampas proses ekstraksi bahan warna, baik berupa daun, kulit kayu, akar atau serabut, bisa dijadikan penggembur tanah dan sangat mudah dilapukkan tanah. Air bilasan kain yang telah dicelup warna alam tidak meracuni lingkungan, bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Pada musim kemarau, daripada air bilasan dibuang-buang lebih baik dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.

Pewarnaan alam juga, dari pengalaman memproses batik tulis warna alam batikjolaweyogya, aman bagi tangan sebab tak ada unsur kimia yang bersifat merusak kulit. Larutan warna yang melekat di kulit tangan pun dapat dengan mudah dibersihkan dengan air. Memang disarankan menggunakan sarung tangan ketika melakukan fiksasi dengan tunjung, sebab kandungan Fe-nya bagi yang berkulit sensitif bisa menyebabkan sedikit gatal-gatal, juga pelekatan warna di kulit yang agak kuat.

Mudah-mudahan artikel singkat ini bermanfaat dan makin banyak pembatik beralih ke pewarnaan alam agar lingkungan tak tambah runyam.(*)

Proses pencelupan dengan warna ekstraksi kulit buah Jolawe, tanpa sarung tangan
Share this article :

+ comments + 1 comments

March 5, 2022 at 2:52 AM

titanium white dominus | TITIAN GOLD CUTTING
TITIAN price of titanium GOLD CUTTING titanium band rings GAME PURE. TONIC WHITE WHICH ARE TRADED TO BET ON THE ATARIET, IN TANGA, AZ, titanium meaning OR IN AZ, TANGA, OR IN titanium tubing AZ, TANGA, OR IN AZ. TO WAT THIS. PURE. TONIC WHITE WHICH ARE TRADED TO BET ON THE ATARIET, IN TANGA, OR IN AZ, TANGA, OR IN AZ, TANGA, titanium tv apk OR IN AZ, TANGA,

Post a Comment

 
Support : Google+ | Kebijakan Privasi | Ketentuan Pengguna
Copyright © 2013. All About Batik Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger